Menstruasi atau haid, adalah perdarahan vagina normal yang terjadi sebagai bagian dari siklus bulanan wanita. Banyak wanita mengalami menstruasi yang menyakitkan, juga disebut dismenore. Rasa sakitnya paling sering adalah kram saat menstruasi, yaitu nyeri yang berdenyut dan kram di perut bagian bawah. Anda mungkin juga mengalami gejala lain, seperti nyeri punggung bawah, mual, diare, dan sakit kepala. Nyeri haid tidak sama dengan sindrom pramenstruasi (PMS). PMS menyebabkan banyak gejala berbeda, termasuk penambahan berat badan, kembung, lekas marah, dan kelelahan. 

 

Apa penyebab nyeri haid?

Ada dua jenis dismenore: primer dan sekunder. Setiap jenis memiliki penyebab yang berbeda.

Dismenore primer adalah jenis nyeri haid yang paling umum. Ini adalah nyeri haid yang tidak disebabkan oleh kondisi lain. Penyebabnya biasanya karena terlalu banyak prostaglandin, yang merupakan bahan kimia yang diproduksi rahim Anda. Bahan kimia ini membuat otot rahim Anda kencang dan rileks, dan ini menyebabkan kram.

Rasa sakit bisa dimulai satu atau dua hari sebelum menstruasi Anda. Biasanya berlangsung selama beberapa hari, meski pada beberapa wanita bisa bertahan lebih lama.

Anda biasanya mulai mengalami nyeri haid pertama kali ketika Anda masih muda, tepat setelah Anda mulai haid. Seringkali, seiring bertambahnya usia, rasa sakit Anda berkurang. Rasa sakitnya juga bisa membaik setelah Anda melahirkan.

Dismenore sekunder sering dimulai di kemudian hari. Ini disebabkan oleh kondisi yang memengaruhi rahim atau organ reproduksi lainnya, seperti endometriosis dan fibroid uterus . Rasa sakit seperti ini sering kali bertambah parah seiring berjalannya waktu. Ini mungkin dimulai sebelum haid Anda dimulai dan berlanjut setelah haid Anda berakhir.

 

Apa yang harus dilakukan ketika nyeri haid?

Untuk membantu meringankan nyeri haid Anda, Anda bisa mencobanya

  • Menggunakan bantal pemanas atau botol air panas di perut bagian bawah
  • Berolahraga
  • Mandi air panas
  • Melakukan teknik relaksasi, termasuk yoga dan meditasi

Anda dapat menggunakan pereda nyeri yang dijual bebas di Apotek, namun bila Anda masih ragu akan kandungan kimia yang terkandung dalam obat tersebut, Anda dapat mengkonsumsi produk herbal Risera Buah Manjakani, yang dikenal dapat berkhasiat memperlancar dan menghilangkan nyeri ketika haid. Diminum setiap hari sebelum waktu haid akan memperlancar dan menghilangkan rasa nyeri pada waktu haid.